Kemenpora Akui Belum Ada Kemajuan Terkait Pendanaan Rio Di F1

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto mengungkapkan saat ini belum ada perkembangan terkait pendanaan Rio Haryanto di Formula 1 bersama tim Manor Racing.

Seperti diketahui bukan cuma faktor prestasi jadi modal Rio bisa turun di kejuaraan jet darat ini melainkan juga uang yang banyak. Paling tidak dia perlu 15 juta euro agar bisa duduk di kokpit Formula 1. Itupun bukan tim papan atas. 

"Masalah uang, memang belum dapat kemajuan. Yang jelas semua usaha ditempuh supaya pendanaan segera dituntaskan," ujar Gatot di Jakarta, Rabu (6/4/2016). 

Dari jumlah 15 juta euro itu, baru dibayar 5,25 juta euro, terdiri dari 3 juta euro dari manajemen Rio Haryanto dan 2,25 juta euro dari PT Pertamina sebagai sponsor. Dia masih perlu 9,75 juta euro lagi untuk musim 2016 ini. 

Meski kurang, 9,75 juta euro, manajemen Rio Haryanto dipastikan kembali mendapatkan kucuran 3 juta euro dari PT Pertamina sesuai komitmen awal dari perusahaan milik negara itu, dengan total 5,2 juta euro. 

Gatot menjelaskan, Kemenpora itu terus berusaha membantu pemenuhan dana untuk Rio, ditambah yang lain-lain, semisal pengurusan visa untuk menghadapi seri-seri berikutnya. (ab)